Mengapa Allah Tidak Pernah Tidur, Tetapi Manusia Tidur ?

1
Anak Bertanya Soal Islam
Pertanyaan, Athaya Kalila, 6 Tahun
Mengapa Allah tidak pernah tidur, tetapi manusia tidur ?
JAWABAN :
Allah SWT. Mahakuasa. Dia adalah pencipta segala sesuatu, sedang manusia makhluk terbatas. Manusia perlu tidur karena dia mengalami keletihan yang sering kali mengantarnya tidur untuk memulihkan kesegaranya. bahkan, tidak jarang manusia tertidur, walau dia ingin terjaga ( tidak tidur). Tidur ketika itu mengalahkan keinginannya. itu salah satu contoh dari kelemahan manusia.
Sementara pakar menyatakan bahwa tidur diperlukan manusia untuk mengisi potensi pikiran dan untuk perbaikan anggota tubuh yang telah digunakan selama kegiatan seharian. ini serupa dengan mesin motor yang harus diistirahatkan atau bahkan dibawa ke bengkel untuk diservis, karena kalau terus menerus dipakai tanpa istirahat, maka ia akan cepat rusak. nah, demikian juga dengan otak serta tubuh manusia.
Allah tidak demikian ! Dia Mahakuasa, Dia tidak membutuhkan apa dan siapapun. DIa tidak tidur, tidak juga dikalahkan oleh kantuk. Di sisi lain, DIalah yang mengurus dan memelihara segala sesuatu, bukan saja manusia dan binatang, tetapi juga seluruh isi langit dan bumi, termasuk bintang – bintang yang beredar. Seandainya Allah tidur atau mengantuk, maka bisa saja ada makhluk-Nya yang luput dari pemeliharaan sehingga binasa. Bayangkanlah seseorang yang memegang dua gelas, lalu tiba – tiba dia mengantuk atau tertidur, apakah kamu duga gelas itu akan ttap seimbang dan tidak terjatuh dari tangannya atau berbenturan?
Ada ratusan juta benda – benda langit, kesemuanya dipelihara Allah dan DIa atur keseimbangannya sehingga tidak bertabrakan. Allah juga menyatakan dalam Al-Qur’an bahwa : “ semua makhluk yang di langit dan di bumi bermohon kepada-Nya…setiap saat di dalam kesibukan” (QS; Ar-Rahman : 29)
yakni, antara lain, mengabulkan permohonan makhluk – makhluk-Nya yang setiap saat ada saja yang memohon, baik di siang maupun malam hari. Nah, kalau Dia tidur atau mengantuk, maka bisakah dia mengetahui, memenuhi kebutuhan, dan mengabulkan permohonan mereka? tentu saja tidak!
Sumber : buku :M.Quraish Shihab Menjawab… Pertanyaan anak tentang islam
logo-lq-jargon

Living Qur’an  – Pusat Studi Al-Qur’an

Jl Kertamukti No. 63 Kel Pisangan, Kec Ciputat Timur,

Tangerang Selatan – Banten – Indonesia

+621 – 742 1661 Fax : +621 742 1822 Call Centre: +62 812 1918 0562

www.psq.or.id – www.livingquran.or.id

 

Post Author: Luthfi Destianto

Luthfi Destianto
Longlife learner