Kalau Kita Meninggal Pulangnya Kemana?

2
Pertanyaan Anak Tentang Islam
“kalau kita meninggal, pulangnya ke mana ? apa benar ke rumah Allah? Kalau benar, di mana rumah Allah ? ( Pertanyaaan : Kian Shamas Makka, 7 Tahun, SDIT Amec, Kelas 1)
JAWAB :
Kalau ada yang meninggal dunia biasa kita mendengar ucapan : Innaa Lillaahi wa Innaa Ilaihi Raaji ‘uun, yang artinya : “Kami milik Allah dan kepada-Nya saja, bukan kepada selain-Nya Kami akan kembali”. Jadi, Kalau kita wafat, kita kembali kepada Allah. Dinyatakan “kembali” Karna dulu sebelum lahir, kita “tidak ada”, Lalu Allah menghidupkan kita. Dengan demikian, hidup kita bersumber dari Allah SWT. Lalu, setelah tiba masa yang ditentukan-Nya untuk kematian kita, kita mati dan kembali lagi kepada-Nya. ketika mati kita “bertemu” Allah dan Dia Memberikan balasan dari amal – amal kita selama hidup di dunia.
Sebenarnya tidaklah tepat dikatakan bahwa kita kembali ke “rumah Allah”. Tetapi kembali Kepada-Nya di satu negeri yang akan kita temui setelah kematian, atau apa yang sering dinamai dengan “Akhirat”. Negeri itu negeri kekal. Di sana hanya ada dua tempat, Yaitu (1) Surga tempat yang sangat menyenangkan dan (2) Neraka tempat orang jahat menerima balasannya. Orang – orang yang percaya kepada Allah dan beramal baik akan ditempatkan di surga.
Allah Wujud (“ada”), dia tidak membutuhkan tempat/rumah. memang, tidak jarang kita mendengarkan istilah “Rumah Allah”, tetapi itu maksdunnya adalah Ka’bah yang di mekkah itu. Siapa yang berada di sana, maka dia bisa menghadap kemana saja, misalnya ke utara, selatan, timur, atau barat, karena memang Allah Wujud dan selalu ada di seluruh penjuru. Atau bisa juga “rumah Allah” dalam arti “Masjid” Karena di sana biasanya orang sholat atau berdoa dan merasa bahwa Allah hadir di tempat itu.
SUMBER : Buku : M.Quraish Shihab menjawab… Pertanyaan anak tentang Islam.
logo-lq-jargon

Living Qur’an  – Pusat Studi Al-Qur’an

Jl Kertamukti No. 63 Kel Pisangan, Kec Ciputat Timur,

Tangerang Selatan – Banten – Indonesia

+621 – 742 1661 Fax : +621 742 1822 Call Centre: 0812 1918 0562

www.psq.or.id – www.livingquran.or.id

 

Post Author: Luthfi Destianto

Luthfi Destianto
Longlife learner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *