WOW !!! Begini Besarnya Alam Semesta dan Keajaiban Penciptaan-Nya

alam-semesta

Alam adalah segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Demikian antara lain pengertian kebahasannya. Sementara ilmuwan menyatakan bahwa alam semesta adalah kosmos yakni ruang angkasa serta semua benda langit yang terdapat di dalamnya. Menurut definisi ilmu agama, alam adalah segala sesuatu selain Allah SWT. Alam bukan hanya benda-benda angkasa, atau bumi dan segala isinya, tetapi juga yang terdapat antara keduanya, bahkan semua yang maujud, baik yang telah diketahui manusia maupun yang belum mereka ketahui.

Alam raya tidak dapat dibayangkan betapa luasnya. Para ilmuwan memperkirakan luasnya dengan ukuran jutaan tahun cahaya. Sementara ilmuwan menyatakan bahwa paling jauh yang diketahui manusia adalah 15 milyar tahun cahaya. Pada jarak itu ditemukan banyak super gugus galaksi yang jumlahnya tak terhitung. Diluar jarak itu, belum atau boleh jadi tidak dapat dijangkau oleh pengetahuan manusia.

Bintang paling dekat dengan matahari jauhnya sekitar 4,3 tahun cahaya dari bumi. Satu tahun cahaya diperkirakan sama dengan 10 trilyun kilometer. matahari dan semua bintang yang dapat kita lihat di bumi terdapat dalam apa yang dinamakan Bimasakti yang merupakan satu galaksi atau tata bintang. Planet tatasurya kita pada alam raya ini dapat diibaratkan dengan sebiji kacang di tengah lapangan sepak bola. Di seluruh alam raya terdapat miliaran galaksi dan masing-masing galaksi bergerak saling menjauhi  dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Alam raya diperkirakan berumur antara 10 sampai 15 milyar tahun. Sedang batu-batuan bumi yang tertua diperkirakan terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun. Ini serupa dengan hasil penelitian batu-batu bulan dan aneka benda angkasa yang terjatuh ke bumi. Bekas-bekas kehidupan di bumi yang tertua diperkirakan sekitar 3,8 milyar tahun. Jika demikian, maka penyiapan bumi untuk dapat dihuni makhluk hidup adalah sekitar 800 juta tahun. Kehidupan makhluk yang bernama manusia diperkirakan baru sekitar 100.000 tahun.

Banyak ilmuwan percaya bahwa alam raya ini masih terus berkembang dan berkembang. Ini dikenal dengan teori ekspansi. Menurut teori tersebut, nebula di luar galaksi tempat tinggal kita, menjauh dengan kecepatan yang berbeda-beda. Bahkan, benda-benda langit dalam satu galaksi pun saling menjauh satu sama lain.

Sementara, ilmuwan muslim menunjuk firman Allah SWT dalam QS Adz-Dzariat : 47 tentang hakekat hikmah ini. Disana Allah berfirman

“Dan langit Kami bangun dengan “tangan-tangan” Kami, dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskan”

Ya, dia meluaskan dalam arti mengembangkannya dengan jalan menjadikannya saling menjauh satu sama lain.

Banyak teori yang dikemukakan para pakar tentang asal muasal terciptanya alam raya. Salah satu diantaranya bahwa ia tercipta dari akibat dentuman besar yang terjadi sekitar 15 milyar tahun yang lalu. Menurut teori ini, sebelum terbentuk seperti sekarang, alam raya merupakan kumpulan sejumlah besar kekuatan atom-atom yang saling berkaitan dan dibawah tekanan yang sangat kuat yang hampir tidak dapat dibayangkan oleh akal.

Semua benda langit yang ada sekarang beserta kandungan-kandungannya, termasuk tatasurya dan bumi, sebelumnya terakumulasi sangat kuat dalam bentuk pola yang jari-jarinya tidak lebih dari 3 juta mil. Cairan atom pertamanya berupa ledakan dahsyat yang mengakibatkan tersebarnya benda-benda alam raya ke seluruh penjuru, yang berakhir dengan terciptanya berbagai benda langit terpisah, termasuk tata surya dan bumi.

Sementara ilmuwan muslim mengukuhkan teori diatas dengan merujuk kepada firman-Nya dalam QS Al-Anbiya: 30

“Dan apakah orang-orang kafir tidak melihat bahwa langit dan bumi itu keduanya dulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan keduanya”

Apapun yang mengakibatkan terbentuknya alam raya, namun yang pasti ia sangat-sangat besar dan hebat dan tidak mungkin tercipta secara kebetulan. Disana bahkan melalui rincian perjalanannya. Anda dapat menemukan Allah SWT karena Dia memang selalu “Hadir dimana-mana”

Sumber :

Buku Dia Ada Dimana-mana.

Prof Dr. Quraish Shihab.

Penerbit : PT Lentera Hati

logo-lq-jargon

Living Qur’an  – Pusat Studi Al-Qur’an

Jl Kertamukti No. 63 Kel Pisangan, Kec Ciputat Timur,

Tangerang Selatan – Banten – Indonesia

+621 – 742 1661 Fax : +621 742 1822 Call Centre: +62 812 1918 0562

www.psq.or.id – www.livingquran.or.id

Post Author: Luthfi Destianto

Luthfi Destianto
Longlife learner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *